Semua tentang saya ada Disini

Chrono trigger


Seri pertama dari Chrono, paling tidak seri ini lebih santai dibandingkan Chrono Cross. Keduanya benar-benar berhubungan, karenanya Èxshan yang main Chrono Cross dulu terpaksa banting setir ke Chrono Trigger.

Cerita bersetting tahun 1000 A.D.. Tokoh sentranya adalah Crono (semestinya Chrono, berhubung cuma cukup 5 huruf...), seorang anak manusia biasa. Tinggal di bawah naungan Guardia Kingdom, petualangannya dimulai saat Millennial Fair, perayaan 1000 tahun pertama (kalau kita tahun 2000).

Di sana, tak sengaja ia bertabrakan dengan Marle, putri Kerajaan Guardia. Sementara itu, Lucca (teman Crono) mendemonstrasikan temuannya yang luar biasa, sejenis mesin waktu. Sayang, waktu Marle mencobanya, mesin itu bereaksi dengan kalung yang dipakai Marle dan terjadi sesuatu. Marle pun terlempar ke masa lalu, 600 A.D.. Dari sinilah petualangan mereka bertiga dimulai.

RPG berjangka waktu sekitar 30 jam ini cukup asyik dimainkan. Pertarungannya menggunakan sistem ATB (Active-Time Battle) seperti yang sudah digunakan FF IV. Selain itu, untuk mengurangi ketegangan, beberapa banyolan telah disiapkan. Ekspresi para chara dibuat cukup unik untuk saat-saat tertentu. Dengan 5 periode waktu (7 kalau Apocalypse dan End of Time juga ikut dihitung, lihat Kurun Waktu), beberapa tampak melenceng dari sejarah.



Crono Dari jaman 1000 A.D. Lightning

Tokoh utama game ini, ia hanyalah seorang bocah biasa sampai ia ikut dalam misi penyelamatan Marle ke 600 A.D. Sosoknya, entah bagaimana caranya, mirip dengan tokoh anak laki-laki dalam Secret of Mana. Menggunakan pedang sebagai senjatanya.

Marle Dari jaman 1000 A.D. Water

Putri kerajaan Guardia, ia bukanlah seorang putri layaknya putri kerajaan pada umumnya. Ia adalah seorang pemberontak dan lebih senang menuruti kemauannya sendiri. Di awal cerita ia akan menentang ayahnya habis-habisan untuk membela Crono, walaupun gagal. Sihirnya cukup kuat dibandingkan chara yang lain. Di 600 A.D. dia sempat dikira Leena, ratu kerajaan waktu itu, walaupun kenyataannya dia memang keturunan langsung dari Leena. Lena adalah pengguna crossbow.

Lucca Dari jaman 1000 A.D. Fire

Teman Crono sejak kecil, masa lalunya agak kurang menyenangkan. Ia sangat pandai dalam hal teknologi. Dialah penemu mesin waktu yang justru mengacaukan hidupnya itu. Attack lucca adalah yang terlemah, menggunakan pistol sebagai senjatanya.

Frog Dari jaman 600 A.D. Water

Tokoh yang satu ini sebenarnya adalah pangeran yang dikutuk menjadi katak oleh Magus karena melawannya membangkitkan Lavos di masa lalu. Dia disebut Hero oleh kalangan kerajaan Guardia dengan Medal of Hero-nya. Sihir curative-nya paling kuat, walaupun chara yang lain harus rela dijilat.

Robo Dari jaman 2300 A.D.

Hampir saja menjadi besi rongsokan kalau tidak diperbaiki Lucca, dengan segera ia menjadi teman akrab Lucca. Seiring dengan perjalanannya bersama Crono dkk., dia menjadi lebih manusia sehingga menjelang akhir game ini ia hendak dihancurkan. Kekuatannya lumayan, dan ia bakal sangat berguna di pertarungan akhir, senjata yg digunakan adalah tangan kosong.

Ayla Dari jaman 6500000 B.C.

Yah, dia memang berasal dari zaman purba. Aneh memang. Dia dicalonkan sebagai pemimpin suku namun akhirnya menyerahkan jabatan itu pada saingannya. Bahasanya agak patah-patah dan aneh, namun paling tidak masih cukup untuk dimengerti. Naluri kehewanannya masih cukup tinggi, menggunakan tangan kosong sebagai senjatanya.

Magus Dari jaman 600 A.D. Shadow

Tokoh terakhir ini hanyalah alternatif; ia tidak harus didapat. Baru didapat menjelang akhir cerita kalau player memutuskan untuk tidak bertarung dengannya. Kalau bertarung, Magus akan mati, namun kutukan Frog akan terhapus dan ia akan kembali ke wujud semula (siapakah dia???). Kerugiannya kalau tidak mendapat tokoh ini, ia satu-satunya yang berelemen Shadow dan sihirnya amat sangat kuat. Sayang kalau tidak didapatkan, senjatanya adalah death sythe.

Lavos

Ini dia biang kerok dari segala pertempuran di masa depan, sosok lavos adalah metero besar yang menghantam bumi saat jaman primitif dan menghancurkan peradaban dinosaurus. ternyata lavos masih bersembunyi di bawah tanah dan terus menyerap energi kehidupan planet untuk memperkuat dirinya dan menjadi sang pembawa malapetaka di masa depan.

Dalam Chrono Trigger, Crono dkk. bakal mengarungi waktu dengan memasuki pintu-pintu waktu yang tersebar atau menggunakan Epoch, mesin waktu legendaris dari 12000 B.C. (aneh lagi...). Keenam kurun waktu itu, sesuai data yang ada di Epoch, urut berdasarkan waktunya, adalah



Prehistoric 6500000 B.C.

Yah, kalian tahu sendiri masa ini. Di dunia kita, masa ini adalah masa berakhirnya kejayaan dinosaurus dengan teori meteor besar yang memusnahkan mereka. Mirip dengan itu, Chrono Trigger mengangkat bangsa Reptite sebagai pengganti dinosaurus, yang selalu berselisih dengan bangsa manusia yang sudah hadir di masa itu, walau amat sedikit jumlahnya. Kemusnahan bangsa Reptite juga karena meteor, yang dinamakan Lavos (La = besar, Vos = api dalam bahasa manusia waktu itu). Dari sinilah masalah berawal.

Dark Ages 12000 B.C.

Salah satu masa saat Lavos mulai berulah. Situasi di sini agak aneh dan cukup modern, malah lebih modern dibanding masa-masa yang lain. Pada masa ini, yang kira-kira masih dalam Ice Ages menurut sejarah kita, Magus yang terlempar ke masa ini berusaha membangkitkan Lavos, namun akhirnya dicegah Crono dkk., walau itu harus berakibat tewasnya Crono..

Middle Ages 600 A.D.

Masa ini paling mirip dengan 1000 A.D.. Yah, seperti Middle Ages atau Medieval dalam sejarah kita, di sini dominasi kerajaan amat besar, walau kenyataannya hanya ada satu kerajaan, Guardia. Yang satu hanya sebagai pemanis alur saja dan tidak pernak ditemukan. Keadaannya agak suram (layarnya berkabut), begitu juga dengan BGM-nya.

Present 1000 A.D.

Masa sekarang (tentu saja!) saat Crono, Marle, dan Lucca tinggal. Tidak banyak yang perlu diceritakan, kecuali satu kemodernan yang seharusnya belum ada saat itu: kapal feri.

Apocalypse 1999 A.D.

Inilah masa kehancuran bumi saat Lavos beraksi (kau bisa melihat videonya di 2300 A.D.). Untung saja ini tidak benar-benar terjadi di masa kita, kalau tidak, nasib kita bakal sama seperti 2300 A.D.. Di sinilah pertarungan besar terakhir menunggu...

Future 2300 A.D.

Dalam cerita, masa ini digambarkan sangat suram setelah Apocalypse. Hujan asam tak pernah berhenti, bangunan tak ada yang utuh, kecuali beberapa lab. Tak ada pemukiman, manusia yang tersisa amatlah sedikit dan tak mempunyai harapan sama sekali. Namun, tentu saja masa ini bisa diubah dengan mencegah terjadinya Apocalypse, namun dengan begitu sejarah berubah sangat drastis. Justru inilah Chrono Trigger, pemacu waktu menuju Chrono Cross.

End of Time ∞

Tak terlihat di sistem jam Epoch (keluar dari huruf C yang menunjukkan masing-masing kurun waktu, letaknya setelah Future 2300 A.D.), di End of Time inilah seluruh pengawasan terhadap alur waktu dijalankan. Crono dkk. kelak akan memasuki zaman ini untuk mengetahui apa yang tidak seharusnya terjadi di tahun 1999 A.D.. Di sini pulalah pemain akan diberi fasilitas untuk menukar karakter kapan saja dengan menekan tombol Y. Seluruh pintu waktu yang sudah terbuka juga ada di sini. Salah satu pintu menuju masa Apocalypse 1999 A.D. juga ada di sini.

Note
Total yang ending yang bisa didapat ada 10 ending, dan kalo dapat best ending nanti akan diberikan filem antara crono dan marle akan menikah dan menjadi pengantin. kelak anak mereka diketahui akan menjadi sosok Kid (chrono cross).  makanya cerita chrono triger dan chrono cros saling berkesinambungan.







Salah satu ending yang kita dapat apabila kita sengaja kalah atau kalah beneran, saat melawan Lavos di tahun 1999 A.D.. Inilah yang sebenarnya terjadi sebelum tahun 2300 A.D., yang dilihat Crono dkk saat mengunjungi zaman masa depan itu. jadi tahun 2300 A.D dapat kalian ubah apabila menang melawan lavos dan membentuk dunia chrono cross nantinya.



Salah satu cuplikan gambar apabila kita memasuki kastinya magus, 600 A.D.. Setelah lama ditinggalkan, ini akan menjadi Viper Manor, yang menjelma di Radical Dreamers dan Chrono Cross.










 Salah satu cuplikan di chrono chros, saat dipantai serge bertemu dengan sosok crono,marle,dan lucca sewaktu kecil. mungkin hanya memori saja. namun ini membuktikan keterkaitan antara chrono triger dan chrono cross. kalo gak salah ingat saya juga pernah bertemu sosok merek bertiga sewaktu di dead sea. waktu serge ingin membunyikan lonceng di another world.






Sekian atas story dari serial chrono, walaupun tidak ada versi remaknya game ini akan selalu menjadi pengingat saya saat sedih, karena lgu-lagunya itu loh kena banget. semua musik2nya bikin saya betah main ini game.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hafid Septian Prayudha. Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

About Me

Hafid Septian
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Saya anak pertama dari dua bersaudara yang gemar sekali mencari ilmu disetiap kesempatan yang ada, saya ingin berbagi semua pengetahuan dengan teman-teman bloger,mari kita menjadi pribadi yanglebih baik dari hari esok.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Labels

Categories

Top Menu

Blogger news


Label

Recent Posts

Theme Support

Ingin berkonsultasi upload atau customize mengenai template blogger ini? Contact saya detail template yang ingin di custom seperti apa.